LEGOLAND: A HAPPY TRIP

By MimiAlysa - 05:54



Liburan anak-anak di tahun 2019 ini, kami pilih LEGOLAND, karena selain murah meriah, juga sudah lama banget kami tidak berkunjung ke tempat ini.  Arena hiburan (theme park) ini berasal dari kata LEGO dari bahasa Denmark, negeri asalnya, yang kalau diterjemahkan secara bebas ke dalam bahasa Indonesia, menjadi "Bermain dengan Baik".

Taman hiburan yang berlokasi di Iskandar Puteri, Johor Malaysia ini, mulai dibuka tahun 2012, dan  negara Malaysia mendapatkan kehormatan sebagai negara pertama di Asia yang memiliki LEGOLAND, serta menjadi negara yang ke-6 di dunia yang memilikinya.

Perjalanan dari Jakarta menuju LEGOLAND, kami pilih rute Jakarta - Singapore - Johor. Mengapa kami pilih rute tersebut, karena selain jam penerbangan lebih nyaman, juga mobil transport dari bandara Changi di Singapura menuju Johor sangatlah nyaman. Driver yang membawa kami juga sangat ramah dan helpful, sehingga perjalanan dari Singapura menuju Johor menjadi sangat menyenangkan.






Foto di atas adalah foto Pos perbatasan antara Singapura dan Johor, Malaysia. Proses pemeriksaan paspor berjalan cepat dan efisien, bahkan di checkpoint/pos pemeriksaaan untuk keluar dari negara Singapura, kami sama sekali tidak perlu turun dari mobil, cukup melambaikan tangan kepada petugas. 

Namun, hal yang berbeda terjadi pada saat mulai memasuki Johor (Malaysia), kami sempat diminta turun dari mobil, karena mungkin petugas melihat waktu persinggahan yang singkat (cuma numpang lewat dari Bandara Changi di Singapura) sebelum masuk ke Malaysia. Namun prosesnya juga tidak lama, karena mungkin pos tersebut sedang sepi dan memang bukan musim puncak liburan.




Akhirnya, setelah menempuh perjalanan kurang lebih satu jam, tibalah kami di hotel LEGOLAND RESORT, yeaaay.......porter hotel pun sibuk mengangkat koper-koper kami dari mobil dan siap-siap untuk proses check-in.





Dekorasi dan tata ruang Lobby Hotel LEGOLAND sangatlah unik, anak-anak bisa bermain LEGO sepuasnya di sana. Bahkan, dekorasi dinding resepsionis pun tak kalah menarik, ada tempelan ratusan atau mungkin ribuan boneka kecil karakter LEGO di sepanjang dinding, serta miniatur sepeda hilir mudik sepanjang meja resepsionis.




Setelah proses check-in dilakukan, kini saatnya untuk memasuki kamar, dan mengistirahatkan kaki yang penat, setelah perjalanan panjang dari Jakarta.

Kami pilih kamar dengan tema Kingdom, dengan pemandangan jendela menghadap taman bermain, supaya anak-anak bisa mendapatkan view yang keren dari kamar ke arah LEGOLAND.




Foto diatas adalah LEGOLAND Park, dilihat dari dalam kamar. Usahakan pilih kamar yang menghadap theme park & water park, karena jika berada di sisi sebaliknya yang tidak menghadap theme park, pemandangannya kurang menarik, hanya tampak bangunan serta pepohonan. Tentu saja harga yang ditawarkan oleh pengelola berbeda antara park view dan city view.

Sebenarnya, kamar-kamar di hotel tersebut memiliki beberapa pilihan tema yang seru-seru:
1. Kingdom (tema ala-ala kerajaan abad pertengahan khas LEGO).
2. Pirate (tema bajak laut, dan pulau-pulau tropis)
3. Adventure (tema petualangan ala Indiana Jones)
4. Ninja GO (tema ala permainan Ninja GO)

Kami pilih tema Kingdom seperti foto di atas, karena memang tema tersebut adalah favorit anak-anak kami. Pada saat sudah masuk di kamar, bocah-bocah kecil ini juga akan mendapatkan bonus kejutan: sebuah teka-teki dengan hadiah harta karun. 

Coba bantu si kecil pecahkan teka-teki tersebut dan menangkan hadiahnya, semua clue/kunci jawaban ada di karpet dan di dinding kamar. Untuk kamar dewasa, queen size bed menjadi tempat tidur yang nyaman bagi orang tua, dan untuk anak-anak ada bunk bed (tempat tidur susun) yang bisa digunakan untuk 2 orang anak kecil (posisi satu kasur ada di atas dan satu kasur lagi di bawahnya).




Foto di atas adalah pintu masuk LEGOLAND dan tempat penjualan tiket, dilihat dari sisi salah satu restoran khas masakan Jepang di atasnya. Untuk restoran sendiri di hotel LEGOLAND ada beberapa restoran yang bisa dipilih, mulai Bricks Family Restaurant (termasuk juga digunakan untuk sarapan), Kai's Sushi Bar - Japanese Restaurant serta satu restoran masakan Italia - Di Mattoni.






Kami rekomendasikan "Di Mattoni" - restoran Italia di hotel tersebut, karena pizza nya sangat enak, pelayanannya pun juga sangat bagus. Kami sempat berbincang-bincang dengan salah satu supervisor restoran tersebut, dan mereka sangat ramah kepada semua tamu, serta dengan sabar menjawab semua pertanyaan tamu mengenai menu makanan.

   















Di dalam Theme Park, banyak permainan serta sarana edukasi yang bisa dipilih untuk anak-anak. Mulai permainan jet ski, roller coaster, mini train, LEGO City, Miniland, Star Wars, Lego Technics, Imagination, Ninja GO, dll.



Sayangnya pada saat kami kesana, hujan turun dengan derasnya, sehingga terpaksa kami jalan-jalan menggunakan payung dan kadangkala terpaksa berteduh di restoran terdekat.




Jangan lupa pelajari peta LEGOLAND terlebih dahulu, supaya tidak tersesat pada saat berada di dalam, karena taman ini memang luas banget. Perhatikan petunjuk arah, dan jika memang lelah, berhentilah sejenak untuk minum kopi atau menikmati cemilan ringan di salah satu kios yang ada di hampir semua sudut taman.


Tip-tip bagi yang ingin berkunjung ke LEGOLAND.

1. Cek ramalan cuaca, aplikasi yang lumayan akurat adalah Accuweather, hampir semua prediksinya mengenai hujan terbukti tepat. Dan persiapkan payung atau jas hujan, jika memang berkunjung ke sana pada saat musim hujan. Kami melakukan perjalanan di bulan Januari, dan memang hujan sedang turun deras-derasnya.

2. Untuk perjalanan, jika memilih rute Singapura - Johor, gunakan aplikasi Klook untuk pemesanan mobil transport dari bandara Changi, harga yang ditawarkan sangat kompetitif, dan juga prosesnya sangat mudah. Klook ini juga bisa digunakan untuk membeli tiket masuk theme park, namun sebelum memesan, bandingkan harga loket dengan harga dari Klook, jika Klook lebih murah, langsung pesan dari aplikasi saja.




Tiket masuk LEGOLAND juga lebih murah via Klook, jika membeli lewat loket kita harus membayar Rp. 645.000,- sedangkan via Aplikasi Klook cuma Rp 460.000,- selisihnya sekitar Rp. 185.000,-








3. Pada saat kunjungan kesana, anak kami yang paling kecil tiba-tiba mengalami sakit perut, sepertinya salah makan sesuatu. Kami direkomendasikan oleh pihak hotel untuk pergi ke rumah sakit terdekat, GLENEAGLES MEDINI. Dan ternyata, rumah sakit tersebut bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki dari hotel LEGOLAND. 




Dokter-dokter dan petugas administrasi di sana sangat profesional, dan terbukti setelah diperiksa oleh dokter rumah sakit tersebut serta diberikan obat, keesokan harinya, si kecil sudah kembali ceria dan lincah bermain di taman.

4. Jika membawa anak balita, disarankan untuk menyewa stroller. Kereta dorong ini bisa dipesan di area toko souvenir dekat pintu masuk. Selain bisa mengangkut anak-anak ketika kecapekan, stroller ini juga berguna untuk membawa barang-barang dan payung pada saat berkeliling di taman. Ukuran kereta dorong ini lumayan besar, dengan pegangan yang kokoh dan mudah dikendalikan.




5. Jangan lupa gunakan sunblock (krim pelindung matahari), karena jika sedang tidak hujan, panas terik matahari di Johor bisa membakar kulit. Gunakan payung jika sinar matahari langsung masih terasa panas.

6. Area Musholla atau Surau dalam bahasa Malaysia: bagi laki-laki atau para suami yang kebetulan sedang menggunakan celana setengah tiang atau celana pendek, disarankan membawa sarung sendiri di tas ransel, karena banyak surau-surau di theme park tersebut tidak menyediakan sarung.



7. Untuk makanan halal, jangan khawatir, karena sedang di Malaysia, hampir semua makanan yang disajikan halal. Tapi, supaya tidak salah, sebaiknya double check juga ke petugas restoran untuk memastikan kehalalan makanan tersebut. Jangan sampai ketinggalan mencicipi teh tarik yang lezat di sana.




8. Dan terakhir, Java Mifi sebagai provider modem dan jaringan Wifi Internasional sangatlah bisa diandalkan di LEGOLAND. Jika kita tersesat di tengah-tengah taman, Java Mifi sangatlah beguna untuk membuka internet dan aplikasi Google Map, serta bisa membantu mengarahkan kita menuju pintu keluar. 

Ingat, taman bermain ini sangatlah luas, kadangkala kita bisa tersesat atau hanya jalan berputar-putar.





Akhir kata selamat menikmati liburan bersama keluarga. Tunggu review berikutnya mengenai jalan-jalan di pusat kota Johor.





  • Share:

You Might Also Like

0 comments