Tips Memilih Skincare Terbaik


Dearloves,

Seperti yang kita rasakan saat ini, kehidupan berlangsung dengan sangat cepat, semua serba instan, apalagi yang tinggal di Jakarta, semua terlihat sibuk dengan aktifitasnya masing-masing. Dengan segudang kegiatan tersebut, buat yang tinggal berjauhan dengan orang tua, bahkan ada yang tinggal di kota yang berbeda,  kesempatan untuk bertemu menjadi sangatlah jarang.

Ketika masih remaja, di kala masih tinggal serumah dengan Mama, beliau setiap sore sering mengajak untuk duduk santai sambil ngobrol dan minum teh. Banyak topik-topik yang diperbincangkan, mulai pelajaran di sekolah, les, liburan di akhir minggu, soal adik yang bawel, tetangga sebelah yang suka mengirim makanan, dll.

Satu petuah beliau dahulu, yang paling sering diulang-ulang sampai bosan adalah bagaimana memiliki adab yang baik serta bagaimana merawat tubuh kita supaya juga menjadi lebih sehat. Mama tentu ingin anaknya memiliki kulit yang bersih dan sehat, apalagi sebagai wanita, kulit wajah sudah pasti menjadi perhatian yang paling utama bagi seorang ibu.







Ketika zaman itu, kalau ke mal atau toko kosmetik, selalu dicarikan kosmetik yang paling bagus, kalau perlu kosmetik impor buatan Amerika, Eropa atau Jepang. Tapi setelah membaca artikel-artikel mengenai kosmetik di beberapa majalah, sepertinya kulit kita butuh kosmetik yang memang dibuat untuk iklim tropis. Kondisi sinar matahari yang intensitasnya sangat tinggi, udara di sini yang juga cenderung panas dan lembab, debu dan polusi yang tinggi di kota-kota besar.

Apalagi jika melihat kulit kita, tipe kulit orang Indonesia cenderung coklat muda dan ada juga yang kehitaman, sedikit main di pantai kena matahari langsung cepat hitam, tapi Alhamdulilah untungnya kulit kita tidak mudah terbakar seperti kulit orang bule (ras Kaukasoid) yang memang berkulit putih karena jarang ada sinar matahari di negara mereka yang memiliki 4 musim.

Bicara mengenai sinar matahari, satu lagi "kerewelan" mama yang aku turunkan ke anak-anakku, yaitu sebelum keluar rumah wajib menggunakan sunscreen. Menggunakan sunprotector saja kadang kalau terpapar sinar matahari terlalu lama juga akan cepat gosong. Meskipun menggunakan hijab, kulit muka, punggung tangan dan kaki bisa terlihat kemerahan ketika beraktifitas seharian di luar rumah.




Setelah searching dan browsing kemana-mana, ada satu produk kosmetik yang bagus ternyata, yang sesuai dengan kriteria yang aku cari. Kosmetik tersebut adalah Ristra Cosmetodermatology, yang memang diriset dan dibuat untuk wanita yang tinggal di iklim tropis seperti Indonesia, cocok untuk udara panas dan lembab serta udara yang berdebu dengan polusi yang tinggi.

Sunscreen yang dirilis oleh Ristra, yaitu Suncare juga ternyata 100% sama dengan kriteria yang dicari selama ini: mampu melindungi kulit dari sinare Ultraviolet, dan aman di kulit. Buat kulitku yang termasuk agak terang atau fair, SPF 8-15 untuk aktifitas selama 1- 3 jam di bawah sinar matahari adalah yang paling pas. Buat yang belum paham mengenai radiasi sinar ultraviolet, terutama sinar tipe uvb dan uva yang langsung mengenai kulit, jika tidak diproteksi, risiko mendapatkan kanker kulit akan menjadi lebih besar.



Jadi teringat akan nasehat dari Mama untuk merawat kulit supaya sehat, ternyata Ristra telah memiliki tips untuk merawat kulit supaya terlihat cantik dan sehat:

1. Kita harus bisa memilih skin care yang sesuai untuk area Tropis dan pH balanced.
pH Balanced ini meskipun terlihat sepele ternyata sangat penting, karena kosmetika dengan pH yang benar bisa mencegah bakteri untuk tumbuh dan berkembang di dalam sel kulit. pH yang disebut balanced itu mulai dari 4.5  - 5.5. Jika lebih dari





2. Ikuti beberapa langkah perawatan kulit yang benar: mulai dari menggunakan pembersih (cleansing milk atau medicated soap), aplikasi penyegar (toning lotion, astringent lotion), menggunakan pelembab yang benar supaya kulit tidak cepat kering (moisturizing cream) dan terakhir perawatan dengan scrub cream.






3. Selalu menggunakan SUNCARE - atau sunscreen setiap keluar rumah.

Kalau setiap wanita Indonesia melakukan langkah perawatan kulit yang ternyata juga sesuai dengan nasehat ibu kita dahulu, yang bisa kita teruskan ke anak-anak kita, maka wajah wanita Indonesia akan semakin berseri dan bersinar.



4. Pilih kosmetik dengan UV Protection dan yang mengandung kaya akan antioksidan


5. Baik skin care maupun kosmetik, lebih baik dipilih yang sudah teruji dermatologi








Yuk mari kita sebarkan hashtag  #RistraCosmetodermatology #TropicalMe #SecantikIbu di semua akun media sosial kalian untuk mengapresiasi perjuangan para Ibu untuk membuat kulit semua wanita Indonesia cantik, bersih dan sehat.

Instagram: @ristra.id
Facebook: Ristra ID

Website: www.ristra.co.id





No comments