Roseola

Assalamu'alaikum,

Mau cerita sedikit tentang pengalaman roseola pertama-ku *iya pertama kali karena jaman Xebi baby-toddler dulu enggak ngalamin demam Roseola.

Jadi sebelum kena virus roseola ini Misha memang runy nose, cuma karena enggak demam aku memang nggak pernah kasih obat apa-apa, palingan olesin YLEO, minum air putih yang banyak dan kasih vitamin C biasanya langsung sembuh.

Nah, Alhamdulillah runy nose nya udah sembuh, tapi tiba-tiba misha demam tinggi (38.5 drajat). Aseli bikin panik karena sebelumnya Misha lincah, nggak demam, makan-minum banyak...

Sampai hari ke 2 demam enggak turun, aku mulai panik dong karena misha udah mulai rewel dan napsu makan minum juga berkurang. Akhirnya jam 8 malem aku bawa misha ketemu dokter endah, kebetulan beliau praktek malem itu jadi langsung aja lah ke dokter.

Suspect dokter endah langsung virus roseola, karena panas Misha nggak turun-turun. Kata dokter kalau di hari ke 3 demam tirun dan keluar ruam sekujur tubuh berarti Misha kena virus roseola, dan karena virus obatnya hanya istirahat yang cukup, banyakin minum (asi dan air putih), serta istirahat. Paracetamol bisa diberikan kalau anaknya rewel.

Nah kalau lewat 3hari demam enggak turun berarti ada infeksi lain dan harus di cari tau dengan pemeriksaan laboratorium.  Jadi malem itu aku dibekelin dokter endah paracetamol sama surat pengantar lab untuk jaga-jaga.



Ke esokan harinya ternyata demam Misha mulai turun dan aku liat ruam-ruam  mulai timbul...ternyata bener, Misha kena virus roseola.

Jadi gejala anak kena virus roseola :
- mendadak demam tinggi, konstan, nggak turun-turun.
- anak menjadi rewel (kalau misha jadi nggak napsu makan-minum maunya nenen aja selama demam).
- biasanya demam selama 3-4hari setelah itu demam turun dan ruam merah akan timbul sekujur tubuh.
- kelenjar getah bening di belakang telinga membengkak.

Alhamdulillah setelah 2 hari ruam nya mulai hilang, tapi Misha belum aku bawa kemana-mana, masih aku karantina dulu 5-7 hari supaya bener-bener pulih dan sehat.

Jadi mama mama kalau anaknya tetiba demam tinggi jangan kepanikan dulu, di pantau aja demam nya, konstan atau naik turun... Anaknya juga di perhatikan makan-minum-main nya ada perubahan atau tidak.

Sedih banget kalau lihat anak sakit. Mudah-mudahan anak kita sehat terus yah temen-temen.

*Aamiin Yaa Allah

No comments