Pulau Perak Getaway

Assalamu'alaikum,

Setelah hectic di Indonesia Fashion Week kemarin ternyata schedule pekerjaan masih padat, jadi eke belum bisa liburan dulu. Tapi supaya hidup balance dan kerja lebih produktif rehat sejenak dari pekerjaan itu harus banget, jadi saat beberapa teman ngajakin jalan-jalan ke Pulau perak eke langsung ikutan, apalagi kita berencana hanya bermain di pantai saja, nggak menginap.

Pulau perak terletak di kepulauan seribu, masih di DKI Jakarta alias gak perlu keluar kota. Pertama kali diajak sama temen-temen eke langsung browsing tentang pulau ini dan review-nya bagus-bagus bangettt...seperti "nggak kalah deh sama maldives" "bali mah lewattt" ...duh jadi makin penasaran kan

Alhamdulillah punya suami pengertian dan penyayang, eke di ijinin ikut temen-temen main ke pulau perak, eke pergi cuma sama si kakak while si bayi di momong pak suami di rumah (makasiy sayangggg) horeee me time...

Kita pergi ber-limabelas, sembilan dewasa dan 5 anak-anak ples 1 bayi...oleh karena itu kita prefer sewa private speed boat. Harga sewa speed boat ke pulau perak IDR 4.200.000 pulang-pergi jadi per orang cuma IDR 300.000 (bayi nggak dihitung) murah banget kannnn pula langsung ke pulau perak...ples kena charge biaya sandar kapal IDR 150.000

kalau nggak bawa rombongan bisa juga naik boat umum tapi boat-nya cuma sampai pulau Harapan (biaya nya 80ribu untuk pulang pergi) lalu nyebrang ke pulau perak dengan perahu kecil (sewa perahu lagi 500-800 ribu untuk nyebrang ke pulau perak), ples bayar lagi juga biaya sandar kapal-nya, kalo eke baca review orang-orang yang nggak sewa speed boat perjalanan sampai ke pulau perak bisa 3.5jam sekali jalan, wuiiiih lama bangetttt...

Banyak juga sih paket-paket tour ke pulau perak yang ditawarkan, per-orang 350-400 ribu sudah all in,  kalau temen-temen mau ambil paket jangan lupa dibaca ya itinerary-nya, naik perahu apa? Transit/nggak? Nginep/nggak? Dapet makan/nggak? 

Kalau eke sih rekomen cari temen yang banyak terus sewa speed boat, biayanya jauh lebih murah pula direct ke pulau perak. Oia biaya sewa speed boat berbeda-beda yah tergantung besar kapal dan jarak pulau yang kita tuju.





Kita berkumpul di dermaga Marina Ancol jam 6:30, dan berangkat menuju pulau perak jam 7:00...pas berangkat Jakarta hujan, jadi aseli di kapal kerasa banget ombak nya...Katanya Pulau perak adalah pulau kecil yang nggak ada penghuni-nya, jadi lha jiwa ibu-ibu kita keluar, masing-masing pada bawa makanan dan cemilan banyuak, cerita-nya mau picnic by the beach.

Sampai di Pulau perak jam 9:00, perjalanan-nya kurang lebih 2jam lha...sampai di pulau Alhamdulillah cuaca-nya cerah tapi nggak terik, dan suprise banget ternyata nggak ada pengunjung lain wuaaaa private island inimah *joget duyung

MasyaAllah, pantai-nya cantiiik bangettttt...pasir putih bersih, air-nya jernih banget, nggak perlu snorkling ke tengah laut karena di pinggir pantai aja ikan-nya banyak dan cantik-cantik. Langsung dong gelar tiker pas di tepi pantai, anak-anak langsung berlarian nyemplung ke laut, ibu-ibu bapak-bapaknya langsung leyeh-leyeh, minum kopi, foto-foto... santai banget lha kita...




Oia di pulau perak ternyata bukan pulau kosong nggak berpenghuni gitu, ada lha rumah penjaga pulau nya mereka juga jaga pulau sambil jualan kelapa muda, makanan ringan, dan minuman gitu jadi kalo nggak bawa bekal ya nggak kelaparan juga. Buat catetan juga di pulau perak nggak ada toilet apalagi kamar mandi, cuma ada sumur dan bilik kalau mau bilas setelah berenang, kalau mau mandi yang enak sih katanya bisa nyebrang ke pulau harapan di sana ada kamar mandi yang bersih dan bagus, cukup bayar aja bisa mandi dan bersih-bersih disana. Nah karena kemarin di pulau nggak ada siapa-siapa kita pada bilasan di bilik hahaha...lumayan lha daripada harus nyebrang lagi, karena biaya-nya jadi dobel dobel bukan biaya mandi aja tapi biaya sandar kapal dll juga ada kalo mau mandi di pulau Harapan.

Kita berencana kembali ke jakarta jam 15:00, nah sekitar jam 13:30 tetiba berdatangan kapal2 kecil ke pulau perak, ada kali 5-8 perahu dgn membawa pengunjung, wah pulau yang tadinya sunyi mendadak jadi rame banget, mungkin kalau naik boat biasa dan transit dulu kita juga sampainya jam segitu juga kali yah *siang bgd ples udah panas cyinnn ...Alhamdulillah rombongan eke sudah puas main dan berenang dari jam 9pagi. Kata penjaga pulau kalau mau santai dan sepi ke pulau perak sebaiknya weekdays, kalau memang berencana week end ya harus pagi-pagi banget karena siang dikit pulau banyak dikunjungi pleh wisatawan dari pulau-pulau sekitar.

Jam 15:00 kita jalan dari pulau perak menuju dermaga Marina ancol, perjalanan pulang lebih lancar dan cuaca sangat cerah jadi ombak pun nggak setinggi saat kita berangkat, tiba di Dermaga jam 17:00 kurang dikit, kita pun melanjutkan makan malam bersama di Bandar Djakarta.

Walaupun hanya perjalanan 1 hari tapi rasanya seneng banget, apalagi anak-anak sejak berangkat sampai selesai makan malem nggak ada capeknya bermain hehehe...kalau nggak punya banyak waktu untuk liburan, short getaway ke Kepulauan Seribu sangat recomended.

Next kita coba ke pulau yang lain yuk...

5 comments

  1. thanks for info ka Mimi! Dicatet buat jadi travel wish list :)

    ReplyDelete
  2. Miii cakep banget itu pantainya yaaa.. Thanks for sharing mimii..

    ReplyDelete
  3. iihhh seru bangett yaa mii. boleh lah IHB sekali2 jalan bareng ke pulau perak. hahaha

    ReplyDelete
  4. haloo, wah asik sekali nih ide perjalanan ke pulau perak via private boat, itu 4,2 juta untuk satu hari? kalo boat nya menginap kena berapa? thank you mba :))

    ReplyDelete