Tentang Yoga

Assalamu'alaikum,

Akhir-akhir ini kan heboh lagi tuh yah tentang olah raga Yoga yang konon katanya haram, tadinya males nanggepin tapi lama kelamaan gatel juga pengen komen ehehehe...

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم ...
Ini adalah murni pendapat seorang mimi, yang ilmu-nya cetek banget jadi baca saja lah yah jangan di ajak berdebat.

Kalo menurut gue Yoga adalah olahraga, supaya badan kita jadi lebih sehat, fit, dan bugar. Sama lha dengan olahraga lain seperti pilates, zumba,belly dance.

Nah gembar-gembor nya sekarang ini Yoga haram karena 'katanya' mirip seperti ritual agama lain dan memakai mantra, dsb. Sedih-nya banyak temen-temen yang tadinya rajin latihan yoga jadi males latihan karena galau gara-gara issue tersebut.

Well, Yoga yang gue tau dan gue lakukan selama ini ya cuma gerakan olahraga biasa dan nggak ada tuh mantra-mantra an, kalopun sedang gerakan rileks atau meditasi eke lebih banyak pakai untuk berdzikir, bersyukur kepada Allah SWT.


Yoga juga melatih pribadi kita menjadi lebih sabar, konsisten, dan kuat. Ya seperti yang temen-temen tau gerakan yoga kan banyak yang sulit, kalau nggak sabaran, nggak rutin latihan, nggak bakal bisa ngelakuin gerakan-gerakan tersebut, dan di saat kita sudah bisa melakukan gerakan-gerakan yoga dengan baik dan benar pastinya badan kita sudah lebih kuat karena telah ditempa latihan secara rutin.

Lagipula fatwa MUI tentang yoga adalah seperti berikut :
"MUI menyatakan bahwa yoga yang murni  olahraga pernafasan untuk kepentingan kesehatan dan tidak terkait dengan ritual agama tertentu, kendatipun di dalamnya ada terminologi sanskerta, hukumnya mubah (boleh).

Yang diharamkan adalah yoga yang merupakan ritual agama lain atau yang mengandung meditasi dan mantra agama lain."

Banyak temen-temen eke (termasuk eke sendiri) yang sudah merasakan manfaat dari olahraga Yoga, kalo buat eke Yoga itu menambah stamina juga untuk rileks sejenak dari preasure kerjaan, malah sering kali abis yoga jadi bisa berpikir lebih jernih. Badan jadi lebih kurus itu hanya bonus.

Masih banyak olah raga lain, kenapa eke pilih yoga?

Karena eke sudah mencoba berbagai macam olah raga dan yang paling eke rasa cocok ya Yoga.

Jadi tips eke, pilih lah olahraga yang sesuai dan paling temen-temen suka, kenapa? Karena terkadang jalan ke tempat olah raga itu malesnyaaaaa bukan main, nah kalau kita menyukai olahraga tersebut in shaa Allah langkah ke tempat olah raga jadi lebih ringan hehehe

Biasakan rutin ber-olahraga yah teman-teman, your body is your own responsibility...do something today that your future self will thank you for.

Cheers.

2 comments

  1. Iya Mimi,akupun suka yoga , olahraga nya sekilas ringan tp tnyata berkeringat banget ya..dan tidak pernah pakai mantra mantra apapun rileks aja sambil dzikir subhanallah Alhamdulillah gitu.. ^^

    ReplyDelete