Mastitis

Assalamu'alaikum,

Jadi kemarin eke baru ngerasain yang namanya mastitis (radang payudara), penyebabnya adalah asi yang tersumbat karena payudara kurang bersih dan atau payudara tidak dikosongkan secara sempurna saat menyusui.

Rasanya bukan main, demam tinggi, meriang, plus payudara bengkak dan sakit banget...liat bayi jadi trauma, takut banget mau nyusuin...ya Allah kalo nggak inget bertekad kasih Asi exlusive ke Namisha mungkin eke nyerah, gak mau nyusuin lagi, sakit bangetttt mending kasih sufor aja hikshikshiks...tapi kan kasihan Namisha kalo kena sufor, pula niat udah bulet mau asi sampe 2tahun, Bismillah...walau sakit tetep nenenin Namisha seperti biasa.

Jadi pas suami pulang kerja dia melihat eke terkapar demam tinggi dan kesakitan, langsung lah eke dibawa ke UGD RSB Asih, tempat eke melahirkan dulu. Sampai disana suster dan dokter laktasi langsung sigap menangani, pertama eke di kompres panas-dingin abis itu di massage dan di keluarin kotoran-kotoran yang menumbat, jangan tanya kayak apa rasanya...sakit banget yaa Allah. Abis itu di kompres lagi, asi langsung deras ngucur, eeeh tapi si bayi gamau nyusu, mungkin karena eke masih demam jadi gabetah si Namisha. Jadi lah langsung di pompa, di kosongin sampe habis.

Abis itu masih nyeri bgd, rasanya seperti di sayat-sayat, eke pun dikasih obat penahan rasa sakit, kata bu dokter jangan antibiotik dulu, coba pake pain killer dulu kalo masih demam tinggi baru pake antibiotik. Dan eke pun di bolehin pulang karena asi-nya sudah keluar normal kembali (walau rasa sakit-nya masih kerasa banget)


Teman melewati mastitis, pain killer (mefinal500), penghilang nyeri di pundak, pinggang, punggung (YLEO Panaway), penghilang pusing (YLEO Peppermint)...Alhamdulillah badan jadi nyaman, in shaa Allah cepet pulih-nya.

Nasihat dari bu dokter:
- Kalo menyusui payudara-nya harus keluar semua tidak kejepit bra dll, bakailah bra menyusui yang nyaman dan sesuai ukuran (jangan kekecilan apalagi kegedean).
- Usahakan payudara selalu bersih, bersihkan dengan kapas dan air hangat.
- Jangan menyusui kala payudara kotor (misalnya kita keringetan atau setelah olahraga) bersihkan dulu baru boleh menyusui.

Dokterpun mengajarkan pak suami pijat oksitosin, sebagai support untuk ibu yang menyusui, jadi di punggung ibu kira-kira 3cm di kanan kiri tulang punggung dipijat memutar sampai ke tulang belikat, konon efeknya untuk mengeluarkan hormon okistosin, jadi si ibu relax produksi asi pun lancar.

Pengalaman kemarin itu bener-bener bukti nyata mengapa konon Surga ada dibawah telapak kaki ibu, pokoknya perjuangan menjadi ibu itu tiada akhir, mengandung, melahirkan, menyusui, membesarkan anak...

Salute buat semua Ibu-ibu ❤️


3 comments

  1. Ya Allah Mimi, kasian..thank u for sharing about mastitis ya, in sha Allah segera pulih dan ga sakit lagi,btw dokter di asih siapakah? Bagus ga langsung kasi antibiotik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin aamiin aamiin, makasiy Witha, dokternya prof. Rulina Sp(AK), IBCLC

      Delete
  2. Oh itu Oma aku hehehe terimakasih yaa infonya Mimi..

    ReplyDelete